Kamis, 05 Februari 2015

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PROSES PEMBELAJARAN


“Pertumbuhan dan Perkembangan Serta Hubungannya dengan Proses Pembelajaran”

A.Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan
Dalam pribadi manusia,baik yang jasmaniah maupun yang rohaniah,terdapat dua bagian yang berbeda sebagai kondisi yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju kearah kesempurnaan.Adapun dua bagian kondisional pribadi manusia itu meliputi:
1.Bagian pribadi materiil yang kuantitatif,dan
2.Bagian pribadi fungsional yang kualitatif
 Bagian pribadi materiil yang kuantitatif mengalami pertumbuhan,sedangkan bagian pribadi fungsional yang kualitatif mengalami perkembangan.
Pertumbuhan ( Growth ) adalah perubahan kuantitatif ( berupa pembesaran atau pertambahan dari tidak ada menjadi ada, dari kecil menjadi besar, dst ) pada materiil sesuatu akibat dari adanya pengaruh dari lingkungan. Contoh : munculnya gigi baru, semakin bertambahnya jumlah gigi, semakin bertambahnya tinggi badan, dst.
Perkembangan secara khusus diartikan sebagai perubahan-perubahan yang bersifat Kualitatif dan Kuantitatif yang menyangkut aspek-aspek mental psikologis manusia. Seperti misal nya perubahan-perubahan yang berkaitan dengan aspek pengetahuan,kemampuan,sifat sosial,moral,keyakinan agama,kecerdasan dan sebagainya,sehingga dengan perkembangan tersebut si anak akan semakin bertambah banyak pengetahuan dan kemampuan nya juga semakin baik sifat sosial,moral,keyakinan agam dan sebagainya.
perkembangan secara khusus diartikan sebagai “perubahan – perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif yang menyangkut aspek-aspek mental – psikologis manusia, ”seperti halnya perubahan – perubahan yang berkaitan dengan aspek pengatahuan, kemampuan, sifat sosial, moral, keyakinan agama, kecerdasan dan sebagainya, sehingga dangan perkembangan tersebut si anak akan semakin bertambah banyak pengatahuan dan kemampuannya juga semakin baik sifat sosialnya, moral, keyakinan agama dan sebagainya.





B.Faktor Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

1.pertumbuhan

Adapun aspek aspek yang mempengaruhi pertumbuhan meliputi:
1.1  Anak Sebagai Keseluruhan
Anak sebagai keseluruhan tumbuh oleh kondisi dan interaksi dari setiap aspek kepribadian yang ia miliki.
1.2  Umur Mental Anak Mempengaruhi pertumbuhannya
Umur mental anak mempengaruhi kapasitas mentalnya.Kapasitas mental anak menentukan prestasi belajarnya.
1.3  Permasalahan Tingkah Laku
Kita harus menyadari,bahwa pertumbuhan sendiri menimbulkan situasi situasi tertentu yang menimbulkan problem problem tingkah laku.
1.4  Penyesuaian Pribadi dan Sosial Mencerminkan Dinamika Pertumbuhan
Peristiwa peristiwa yang terjadi pada anak akibat pertumbuhan dan setelah dihadapkan dengan tantangan kultural masyarakat terutama harapan harapan orang tua,guru guru dan teman teman sebayanya didalam penyesuaian sosialnya.

2.Perkembangan

1.    Menurut Teori Empirisme 
        Teori empirisme disebut juga teori tabularasa dan environmentalism. Teori ini dipelopori oleh JOHN LOCKE (1632-1704). Menurut teori empirisme, perkembangan individu ditentukan oleh lingkungannya. Teori ini beranggapan bahwa pembawaan itu tidak ada. John Locke menyatakan bahwa pada saat dilahirkan, jiwa individu dalam keadaan kosong (ibarat tabularasa yang belum tertulis), dan lingkunganlah yang akan mengisi kekosongan tersebut.

2.    Menurut Teori Nativisme 
   Teori nativisme dengan tokohnya ARTHUR SCHOPENHASUER (1788-1880), beranggapan bahwa perkembangan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir (pembawaan). Bila individu dilahirkan dengan pembawaan yang baik dengan sendirinya perkembangannya anak baik, dan sebaliknya.

3.    Menurut Teori Konvergensi 
    Teori konvergensi disebut juga teori interaksionisme. Teori ini dikemukakan oleh WILLIAM STERN (1871-1939). Menurut Stern, perkembangan individu merupakan hasil perpaduan atau interaksi antara faktor pembawaan dengan faktor lingkungan. Pembawaan sudah ada pada masing-masing individu sejak kelahirannya. Dan pembawaan ini tidak dapat berkembangan menjadi kecakapan nyata bila tidak mendapat pengaruh dari lingkungan.

4.Teori Naturalisme
      Pada dasarnya manusia itu baik,ia jadi buruk dan jahat karena pengaruh kebudayaan.
5.Teori Rekapitulasi
            Mengatakan bahwa perkembangan individu merupakan ulangan dari perkembangan jenisnya.

C.     Prinsip/Hukum Perkembangan
Ciri perkembangan menunjukkan gejala yang secara relatif teratur, sehingga terjadinya pola perkembangan sistematik. Atas dasar hal tersebut, para ahli merumuskan dalam bentuk prinsip – prinsip perkembangan. Beberapa prinsip perkembangan antara lain :
Ø    Perkembangan merupakan fungsi jasmaniah dan kejiwaan yang berlangsung dalam proses satu kesatuan yang menyeluruh;
Ø    Setiap individu mempunyai kecepatan perkembangan;
Ø    Perkembangan seseorang, baik secara keseluruhan maupun setiap aspek tidak konstan melainkan berirama;
Ø    Proses perkembangan dengan mengikuti pola tertentu;
Ø   Proses perkembangan berlangsung secara berkesinambungan;
Ø    Antara aspek perkembangan yang satu dengan aspek yang lain saling berkaitan atau berkolerasi secara signifikan;
Ø    Perkembangan berlangsung dari pola yang bersifat umum ke khusus;
Ø    Perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan;
Ø   Memiliki fungsi kepribadian yang bersifat jasmaniah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Pembuatan Video Animasi tentang Cara Menghindari HIV/AIDS

Assalamualaikum,,,guys! Kali ini saya mengupload video tutorial yang mungkin berguna buat sobat semua. Video ini adalah tutorial bagai...